Cara Mengatasi Error "Support Code : 6000", Pada Printer Canon MP237



Dalam hal ini ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada printer canon jika muncul gambar diatas saat mencetak (print). Printer macet dan blinking bergantian antara hijau dan orange terus menerus
Berikut penyebab printer Canon semua tipe muncul "Error Support Code : 6000"

Pastikan encoder (pita plastik bening) dalam keadaan baik artinya tidak ada bercak tinta yang menempel, Cek juga Roll penarik kertas ada dibagian kiri depan printer apabila bisa diputar kebawah dengan normal maka tidak masalah pada roll sensor penarik kertas.

Lalu coba putar keatas kalau keras, berarti disitu masalahnya.
Buka dulu penutup printer bagian atas untuk memudahkan proses perbaikan selanjutnya, tapi kalau tidak mau repot bongkar-bongkar, bisa selipkan saja jari kebagian roll tersebut kemudian putar keatas searah jarum jam, pastikan ada bunyi "KLIK" di roll Bagian kanan belakang.

Nyalakan kembali printer anda dan amati, apakah sudah berhasil atau belum, catridge bisa bergerak normal atau tidak, kalau belum, maka harus di cek secara manual mekanik utama yang ada di bagian belakang sebelah kanan.

Untuk analisa lain-nya
Periksa Sensor kertas atau sensor Mekanik (Coba dibersihkan) apakah sensor tidak terhalangi oleh benda asing, coba cek dengan lebih teliti..

Periksa juga kabel sensor yang menuju ke papan sircuit, apakah terbalik pasang (jika printer siap dibongkar langsung muncul error 6000)

Coba ganti Sensor ASF, jika rusak (coba satu persatu bisa jadi salah satu atau
kedua sensor tersebut rusak)

Ganti atau bersihkan sensor film (bulat) yang berada di samping printer.. khususnya apabila film rusak/kotor.

Periksa juga Roll penarik kertas apakah berfungsi dengan normal

Ganti papan sircuit (jalan terakhir jika semua cara diatas gagal).

Demikian beberapa tips jika printer anda mengalami Error Support Code : 6000.
Semoga berhasil....

#TUTORIAL_PRINTER #PRINTER_CANON #CANON_MP237

No comments